Cara Mudah Menjaga Cairan Tubuh Agar Tetap Kuat Saat Berpuasa

Cara Mudah Menjaga Cairan Tubuh Agar Tetap Kuat Saat Berpuasa

Last update: 11-May-2020

Rasa lapar dan haus sudah tentu jadi godaan pertama orang-orang yang berpuasa. Tapi, TSM Lovers pasti sepakat, kan, kalau menahan haus seringkali lebih susah dari menahan lapar?

Rasa haus memang akan terus menerus terasa selama puasa. Rasa haus sendiri merupakan sinyal yang dikirim oleh tubuh sebagai tanda kurangnya cairan tubuh. Karenanya rasa haus ini bisa diminimalisir dengan tetap menjaga cairan di dalam tubuh. Bagaimana cara melakukannya saat berpuasa? Yuk simak penjelasan berikut ini!
 

Tetap Mengkonsumsi Air Putih dalam Jumlah yang Cukup


Pada hari-hari biasa manusia perlu mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air untuk menjaga pasokan cairan tubuh. Saat puasa jumlah air yang harus dikonsumsi tidak berubah, hanya waktu mengkonsumsinya saja yang perlu disesuaikan. 

Usahakan untuk tetap mengkonsumsi minimal 8 gelas air sehari saat puasa. Pembagian yang dianjurkan adalah 2 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka puasa, dan 3 gelas di malam hari. Selalu dahulukan konsumsi air putih sebelum minuman-minuman lainnya baik saat sahur maupun berbuka.

Baca juga: Bingung Mencari Berbagai Kebutuhan Pokok di Bulan Ramadhan Saat #DiRumahAja? Tenang, Transmart Trans Studio Mall Bandung Tetap Buka! 


Mengkonsumsi Cairan Elektrolit 


Sebagai tambahan dari 8 gelas air putih, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi cairan elektrolit pada saat berbuka. Cairan ini berfungsi menggantikan cairan tubuh dengan lebih cepat. Salah satu sumber alami elektrolit adalah air kelapa. Namun saat ini kamu bisa menemukannya di berbagai minuman kemasan. 

Meskipun cairan elektrolit mampu mengganti cairan tubuh dengan cepat tetap jaga agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Satu gelas saat berbuka puasa sudah cukup untuk mengembalikan keseimbangan cairan di dalam tubuh.
 

Hindari Mengkonsumsi Terlalu Banyak Gula 


Kebutuhan untuk mengkonsumsi minuman dan makanan manis seolah meningkat pada saat bulan puasa. Padahal kebiasaan seperti ini jika dilakukan berlebihan justru bisa mendatangkan efek negative bagi tubuh, loh. 

Jika tak ingin merasa cepat haus di siang hari kamu sebaiknya menghindari terlalu banyak mengkonsumsi gula saat sahur. Mengkonsumsi gula membuat tubuh melakukan proses pembakaran energi lebih cepat dan akhirnya menguras cairan tubuh.
 

Konsumsi Buah-Buahan yang Kaya Cairan 


Semangka, melon, dan jeruk adalah beberapa contoh buah-buahan yang mengandung banyak cairan. Mengkonsumsi buah-buahan ini saat sahur dan berbuka akan membantu menjaga cadangan cairan tubuh kita, loh. Jadi usahakan untuk memasukkan buah-buahan ini ke dalam menu sahur dan berbuka. 

Selain memasok jumlah cairan lebih banyak untuk tubuh buah-buahan bisa menjadi sumber glukosa alami. Glukosa alami tentunya lebih aman bagi tubuh dibanding glukosa-glukosa dari sumber lainnya.
 

Tetap Aktif Bergerak Namun Hindari Olahraga Berat 


Meski membutuhkan asupa cairan dari luar, nyatanya tubuh manusia juga mampu memproduksi cairan sendiri. Agar produksi cairan tubuh tersebut seimbang kamu perlu tetap aktif bergerak. Jadi, jangan terlalu banyak rebahan saat puasa, ya!

Meski sedang berpuasa jangan lupa untuk tetap berolahraga setiap hari. Cukup lakukan olahraga ringan seperti stretching, hindari olahraga berat karena sudah pasti akan terlalu menguras terlalu banyak cairan dari tubuh dan membuatmu merasa haus. 

Tak terasa puasa sudah memasuki minggu kedua. Tetap semangat, ya, TSM Lovers. Lakukan tips-tips di atas agar kamu selalu kuat saat berpuasa. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi saat sahur dan berbuka.

Back
About Us   |   Contact Us   |   Event   |   Deals   |   TSM Loyalty   |   What's New   |   Shop   |   Experience   |   Privacy Policy   |   Terms & Conditions
Copyright © 2018. Trans Studio Mall. All rights reserved.