Fakta-Fakta Menarik Tentang Seblak, Jajanan Khas Bandung yang Sudah Hadir Lebih dari 60 Tahun

Fakta-Fakta Menarik Tentang Seblak, Jajanan Khas Bandung yang Sudah Hadir Lebih dari 60 Tahun

Last update: 17-Mar-2020

TSM Lovers, kamu yang pecinta makanan pedas pasti sudah tak asing kan dengan nama seblak. Makanan berkuah kental ini memang paling bisa membuatmu merasa kepedasan hingga berkeringat. 

Seblak merupakan makanan khas masyarakat Sunda, khususnya Bandung, yang sudah ada sejak lebih dari 60 tahun lalu. Seblak tradisional hanya berisi kerupuk dan potongan ceker ayam. Berbeda dengan seblak modern yang isinya semakin beragam. Kalau kamu pecinta seblak, kamu wajib tahu fakta-fakta menarik berikut:

Baca juga: Inspirasi Tren Gaya Rambut Wanita di Tahun 2020

Arti Kata Seblak 

Pernah tidak, sih, kamu bertanya-tanya mengapa makanan pedan nan nikmat ini dinamai seblak? Ternyata nama itu berasal dari kata “nyeblak” dalam Bahasa Sunda yang berarti mengagetkan. Diberi nama demikian karena pada sendokan pertama kamu pasti kaget dengan rasanya yang pedas dan kaya rempah, bahkan kamu bisa sampai tersedak loh!

Karena rasanya yang pedas sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi seblak dalam keadaan perut kosong. Minum-minuman yang menyegarkan seperti es kelapa juga sangat disarankan agar perut tidak panas. 

Seblak Mirip dengan Krupuk Godog 

Ternyata Sumpiuh, sebuah kota kecil di Jawa Tengah, punya makanan pedas yang sangat mirip dengan seblak. Makanan tersebut dikenal dengan nama krupuk godog. Sayangnya ketika popularitas seblak terus meningkat nama krupuk godog malah semakin jarang terdengar. 

Meskipun tampilannya mirip tentunya ada perbedaan antara kedua makanan pedas ini. Salah satuny adalah rasa kencur yang sangat kaya pada seblak. Sementara pada krupuk godog penggunaannya hanya sedikit. 

Benarkah Seblak Bisa Menyebabkan Usus Buntu?

Rasa seblak yang super pedas memang membuatnya tak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Tapi bukan berarti makanan ini menjadi satu-satunya biang keladi untuk penyakit usus buntu. 

Jika kamu sangat suka seblak kamu bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi buah, sayur, serta air putih dalam jumlah yang cukup. Cara tersebut cukup ampuh untuk menjaga pencernaan kamu tetap sehat. Batasi konsumsinya dan jangan berlebihan, ya!

Tak Hanya Seblak Basah, Kamu Juga Wajib Coba Seblak Kering

Kamu yang tidak terlalu suka makanan berkuah tetap bisa merasakan lezatnya seblak karena ternyata ada varian kering dari makanan ini. Bumbu-bumbu seperti di seblak basah dihaluskan lalu disangrai hingga kering. Setelah itu bumbu ditaburkan pada kerupuk yang sudah digoreng. 

Seblak kering bisa ditemukan di warung-warung dengan harga yang relatif murah. Karena bahan dasarnya adalah kerupuk kamu bisa menjadikannya teman saat menyantap nasi.

Seblak Kembali Naik Daun Berkat Ojek Online 

Meskipun sudah sejak lebih dari 60 tahun lalu, seblak baru kembali populer di tahun 2016. Salah satu pemicunya adalah ojek online yang membuat para penjual kecil lebih mudah ditemukan oleh banyak orang. Penjual seblak kemudian mulai banyak bermunculan termasuk di luar Kota Bandung. 

Demi menarik perhatian anak-anak muda para penjual seblak berkreasi menambah bermacam-macam menu. Tak hanya kerupuk dan ceker, sekarang kamu bisa menemukan seblak berisi mie, sosis, jamur, bakso, daging, telur, dan lain-lain. Salah satu seblak Bandung yang jadi favorit adalah Seblak Sultan.

Satu hal yang harus diperhatikan saat hendak membeli seblak adalah masalah kebersihan. Jangan sampai kamu sakit perut karena mengkonsumsi makanan yang tak terjamin kebersihannya. Kalau ingin menikmati makanan lezat lainnya di kota Bandung kamu bisa datang ke Trans Studio Mall Bandung dan temukan aneka makanan favorit di sana. 

Back
About Us   |   Contact Us   |   Event   |   Deals   |   TSM Loyalty   |   What's New   |   Shop   |   Experience   |   Privacy Policy   |   Terms & Conditions
Copyright © 2018. Trans Studio Mall. All rights reserved.